Apel Kesiapsiagaan Dan Gelar Pasukan Latihan Penanggulangan Bencana Alam, Ini Kata Dandim 0801/Pacitan

banner 468x60

SULUHNEWS.ID, PACITAN – Pagi ini Danrem 081/Dsj Kolonel Deni Rejeki pimpin Apel kesiapsiagaan dan gelar pasukan dalam rangka latihan penanggulangan bencana alam, bertempat di Alun-Alun Jl. Sugiyo Pranoto No.1 Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Senin (21/11/2022).

Kegiatan apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh para pejabat Daerah Kab. Pacitan, serta diikuti oleh personel gabungan dari TNI, POLRI, Satpol PP, DISHUB, DINKES, DAMKAR, BPBD, DINSOS, TAGANA, dan Tim relawan bencana alam.

Mengawali sambutannya, Danrem 081/Dsj menyampaikan bahwa, kegiatan apel gelar pasukan tersebut bertujuan untuk mengecek sejauh mana kesiapan mereka dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah jajaran Korem 081/Dsj.

Beliau juga mengatakan, kejadian bencana alam bisa datang kapan saja, secara tiba-tiba dan tidak bisa diprediksi sebelumnya, namun hakekatnya kita harus tetap mewaspadai segala bentuk kejadian bencana alam.

“Oleh karenanya, kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana sangatlah penting agar mereka mampu melakukan tindakan untuk mengurangi risiko ketika benar-benar terjadi bencana”, ujar Danrem 081/Dsj saat menyampaikan amanatnya.

Bencana alam merupakan rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat, yang disebabkan oleh faktor alam atau faktor non alam maupun faktor manusia, sehingga rawan timbul korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Kondisi wilayah Korem 081/DSJ dan jajarannya merupakan rentan terhadap bencana, sehingga dengan kondisi faktual yang terjadi saat ini, Korem 081 DSJ beserta segenap jajarannya, dituntut untuk selalu siap proaktif dan memiliki kemampuan optimal dalam membantu Pemerintah Daerah guna mengatasi setiap terjadinya bencana alam di wilayah.

“Untuk itu, latihan seperti ini merupakan hal yang sangat vital dan dibutuhkan guna mendukung upaya penyelamatan dan evakuasi ketika menghadapi bencana”, jelasnya.

Oleh karena itu, latihan seperti ini hendaknya diikuti secara sungguh-sungguh, karena ketika para personel dan relawan terjun ke lapangan, maka keselamatan orang lain menjadi prioritas utama dan tanggung jawab Relawan Penanggulangan Bencana dan juga termasuk keselamatan diri kita sendiri tidak boleh diabaikan.

“Selaras dengan hal tersebut, saya menyambut positif atas terselenggaranya latihan penanggulangan bencana alam ini.Selain sebagai ajang silaturrahmi juga sebagai upaya peningkatan kapasitas personel dan relawan dalam penanggulangan bencana”, ungkap Danrem kepada para peserta latihan.

Hal senada juga diungkapkan Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P., M.I.P., bahwa latihan ini, dapat menjadi sarana untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi terhadap penanganan bencana, sehingga penanganan bencana dapat terselenggara dengan cepat, terkoordinasi dan tepat sasaran.

“Kepada seluruh peserta, agar tetap fokus dalam mengikuti semua tahapan dan rangkaian latihan ini. Tetap utamakan faktor keamanan, sehingga tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan”, tutur Dandim dalam keterangannya saat dikonfirmasi awak media.

Di samping itu, ia berharap para peserta latihan dapat menjadi pioner relawan penanggulangan bencana di wilayah.Serta mampu berperan secara porposional dan profesional guna mendukung demi lancar dan suksesnya latihan.(Ayu)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *