Polisi Bakal Tilang Manual Pelanggaran Lalu Lintas Dengan Potensi Pidana

banner 468x60

SULUHNEWS.ID, JAKARTA-Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menghapus tilang manual dan memaksimalkan tilang elektronik (electronic-traffic law enforcement/e-TLE) pelanggar lalu lintas.

Tilang manual hanya akan dilakukan apabila pelanggar lalu lintas berpotensi melakukan pidana.

“Dengan adanya perintah tersebut, fenomena yang terjadi di masyarakat seperti mereka melepas pelat nomor, memalsukan pelat nomor. Tetap akan kita lakukan penindakan secara manual,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman di Mapolda Metro Jaya, Senin (28/11/22).

“Kita akan memeriksa, akan melihat nomornya. Kalau pelat nomor tidak ada, kita akan cek. Jika ada unsur-unsur yang mendekati unsur pidana, seperti pemalsuan alat yang digunakan untuk kejahatan, kita akan melakukan penyitaan kendaraan yang tidak sesuai dengan itu,” tambahnya.

Latif menyebutkan fenomena pemalsuan pelat nomor hingga mencopot nopol ini marak terjadi ketika tilang manual dihapus. Tak hanya motor, pihaknya mencatat pemalsuan pelat nomor juga banyak dilakukan pengemudi mobil.

“Rata-rata kebanyakan sekarang pelat nomor sepeda motor, kalau mobil ada yang memalsukan plat nomornya tidak sesuai,” katanya.

Pihaknya akan memberhentikan kendaraan yang mencopot atau memalsukan pelat nomor seperti itu, kemudian kendaraan akan ditahan.

“Kita akan hentikan, diperiksa, kalau tidak sesuai, kita tahan mobilnya sampai dengan dia bisa tunjukkan surat-suratnya,” sebutnya.

Surat tilang sebelumnya telah ditarik untuk tidak digunakan. Namun, mengingat fenomena yang terjadi saat ini, menurutnya, penegakan hukum secara manual harus tetap dilakukan.

“Karena masyarakat yang melakukan pelanggaran itu sangat membahayakan, dan itu ibaratnya pemalsuan. Untuk menjadi alat kejahatan, bisa saja, karena melepas pelat nomor, dengan pelat nomor itu adalah persyaratan untuk bisa beroperasional di jalan raya,” tutupnya. (Adi)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *