Dandim 0801/Pacitan Hadiri Acara Pengukuhan Satlinmas Se Kecamatan Pacitan

banner 468x60

SULUHNEWS.ID, PACITAN – Pagi ini Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto, S.I.P., M.I.P., bersama unsur Forkopimda menghadiri acara pengukuhan anggota Satlinmas Se Kecamatan Pacitan bertempat di Gor Pacitan Jl. WR Supratman Kel. Sidoharjo Kec/Kab Pacitan, Jumat (09/12/2022).

Kegiatan pengukuhan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji serta dihadiri oleh ratusan anggota satlinmas Se Kecamatan Pacitan, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan KTA dari Bupati Pacitan kepada anggota Satlinmas.

Dalam pernyataannya Bupati Pacitan menegaskan bahwa, Satlinmas adalah sebagai sosok yang paling dekat dengan masyarakat terutama berkaitan dengan kejadian dan peristiwa di wilayah, sehingga keberadaan mereka patut mendapatkan apresiasi lebih.

“Selain sebagai pelindung masyarakat baik dalam penanganan maupun pengurangan resiko bencana, Satlinmas juga memiliki peran strategis dalam memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat serta kegiatan sosial lainnya”, katanya saat acara pengukuhan anggota Satlinmas.

Bupati juga meminta kepada anggota Satlinmas untuk bangkit menunjukkan peran tugas dan fungsinya sebagai satuan yang mampu dan tangguh dalam perannya di masyarakat.

“Saya sangat tidak setuju jika tugas Satlinmas hanya ronda dan membantu orang punya hajatan saja, namun keberadaan Satlinmas harus dibangun dan diberdayakan oleh pemerintah terutama desa/kelurahan”, jelasnya

Hal senada juga diungkapkan oleh Komandan Kodim 0801/Pacitan bahwa, dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat, Satlinmas memegang peranan mendasar.Karena, akses mereka yang membaur dengan masyarakat, sehingga dapat menjadi pendeteksi awal atas potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat.

“Dengan dituntut untuk bekerja secara sukarela, dapat dipastikan tugas yang dilakukan Satlinmas tidaklah mudah.Kami berharap Satlinmas dapat berperan aktif dalam setiap kegiatan sosial kemasyarakatan, serta senantiasa dapat bersinergi dengan TNI-Polri di wilayah, sehingga terwujud situasi aman dan tentram,” imbuh Dandim saat dikonfirmasi awak media.(Ayu)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *