Maksimalkan Peran Babinsa, Kodim 0801/Pacitan Menggelar Sosialisasi Manajemen Pertanian

banner 468x60

SULUHNEWS.ID, PACITAN – Pertumbuhan penduduk di Indonesia kian lama semakin meningkat, sehingga lahan pertanian terus berkurang dan beralih fungsi menjadi kawasan permukiman maupun industri.Sehingga faktor tersebut sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di bidang pertanian.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mencukupi kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat, yaitu dengan cara pemberdayaan masyarakat agar memaksimalkan hasil pertanian sesuai manajemen pertanian yang tepat dan benar.

Dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di lingkungan satuan maupun wilayah, untuk ditanami berbagai macam komoditi seperti tanaman padi, jagung, sayuran dan lain-lain dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian.

Guna mendukung dan mensukseskan program pemerintah tersebut, Bati Wanwil Staf Teritorial Kodim 0801/Pacitan Serma Lendra memberikan sosialisasi kepada para babinsa Kodim 0801/Pacitan tentang manajemen pertanian kepada para Babinsa di aula Kopral Sigit Kodim 0801/Pacitan, Jl. Letjen Suprapto No 42 Kab. Pacitan, Kamis (11/8/2022).

Dalam sosialisasi Serma Lendra, menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan untuk menambah wawasan bagi para Babinsa tentang manajemen di bidang pertanian, untuk diterapkan di wilayah binaan masing-masing.

“Seorang Babinsa memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya, dengan melakukan pendampingan kepada para petani akan memberi motifasi untuk lebih giat dalam meningkatkan hasil pertaniannya”, ungkap Bati Wanwil.

“Dengan pengelolaan serta manajemen yang benar dan tepat sasaran, bagi para petani dapat meningkatkan hasil pertaniannya, sehingga kebutuhan bahan pokok pangan masyarakat sehari-hari terpenuhi”, Pungkas Serma Lendra.

“Kami berharap sosialisasi tersebut dapat bermanfaat dan menjadi bekal bagi Babinsa dalam melaksanakan pendampingan pertanian di wilayah binaannya. Sehingga produksi pertanian semakin meningkat, demi mendukung program ketahanan pangan nasional, yang merupakan bagian dari pertahanan negara”, Tutur Serma Lendra. (AYU)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *