SMK AD -DA’WAH Jakarta Melaksanakan MPLS Secara Daring

banner 468x60

SULUHNEWS.ID, JAKARTA– Sesuai Surat Edaran Nomor 40 /SE/2021, Dalam rangka pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022, yang merupakan salah satu program satuan pendidikan.

SMK AD-Da’wahJakarta yang  beralamat Jalan Raya Duri Kosambi Rt.003/01, Cengkareng Jakarta Barat, melaksanakan kegiatan MPLS melalui daring yang di mulai dari Senin (13/7/21).Dari 238 calon siswa SMK AD-Da’wah  yang mengikuti MPLS melalui daring di rumah masing- masing,dimana MPLS tersebut berpedoman pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru.

LF. Guntoro,S.Pd.l kepala sekolah SMK AD-Da’wah, menyampaikan kepada Suluhnews.id bahwa kegiatan MPLS sudah 2 tahun ini dilaksanakan secara daring ,Puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkah limpahan rahmat, taufik dan hidayahnya kepada kita, khususnya para peserta didik yang telah berhasil masuk dan diterima menjadi peserta didik baru SMK AD- Da’wah pada tahun pelajaran 2021/2022,” tutur  LF.Guntoro S.Pd.l .

Keluarga besar SMK AD -Da’wah mengucapkan selamat kepada seluruh peserta didik baru kelas X (sepuluh) beserta keluarganya. Pada MPLS kali ini diikuti oleh 238  peserta didik baru yang terdiri dari : Teknik Komputer Jaringan  82 peserta didik,Akuntansi keuangan lembaga  peserta didik 61, Bisnis Daring dan pemasaran 95 peserta didik.

Calon Siswa siswi smk Ad Dawah  yang baik, kegiatan MPLS merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh peserta didik baru ketika masuk ke sekolah yang baru ,hal ini dilakukan untuk memperkenalkan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Artinya, peserta didik baru tidak hanya dikenalkan dari sisi fisik sekolah barunya akan tetapi juga pengenalan sekolah yang bersifat non fisik.

Sesuai dengan Permendikbud No.18 Tahun 2016 bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan.

Kegiatan MPLS dilarang mengarah pada perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya.

Konsep MPLS yang humanis, dinamis, menyenangkan, edukatif, dan bermakna sangat penting untuk dilakukan, mengingat Indonesia saat ini tengah mengalami Pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 secara tidak langsung telah mengubah paradigma pendidikan Indonesia. Salah satu yang dapat diamati adalah adanya pergeseran dari pembelajaran konvensional secara tatap muka ke arah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dapat diakses dengan memanfaatkan teknologi digital.” Katanya.

Konsep PJJ ini juga akan diadopsi dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kondisi Pandemi seperti saat ini belum memungkinkan untuk mengadakan MPLS secara tatap muka.

Oleh karena itu, tema dari kegiatan MPLS kali ini adalah “Menggali Potensi Diri dengan dan kebaikan secara Maksimal dari Rumah”. Tema ini sejalan dengan situasi Pandemi bahwa peserta didik hendaknya senantiasa melakukan kebaikan.” Pungkas. (Nisin)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *