Wali Kota Tangerang Menyampaikan Kasus TBC Masih Menjadi Permasalahan 

banner 468x60

SULUHNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Sebagai upaya percepatan eliminasi Tuberkulosis (TBC) di Kota Tangerang, Pemkot melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar Kick Off Skrining TBC kepada 4443 kontak serumah pasien TBC se Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menyampaikan bahwa kasus TBC ini masih menjadi permasalahan kesehatan yang cukup tinggi di Kota Tangerang, sehingga upaya menekan kasus ini harus dilakukan secara bersama-sama.

“Apalagi kontak serumah yang tentu sangat rentan,”

“Lebih dari 7ribu kasus terdeteksi dan diobati, namun harus ekstra agar bisa sembuh dan tidak lagi terjangkit,” jabar Arief.

Dikesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin yang turut hadir berharap masyarakat sekitar juga semakin peduli dalam keterlibatan pencegahan TBC di lingkungannya.

“Kita semua harus semakin sadar bahwa sehat ini berharga dan pencegahan TBC bisa kita lakukan sedini mungkin,” ujar wakil.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menambahkan, upaya pencegahan dan penanganan TBC ini dilakukan secara kolaboratif bersama dengan Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit dan Klinik Swasta yang ada di Kota Tangerang.

“Seperti saat ini kita didukung X-Ray mobile untuk memudahkan identifikasi pasien TBC kontak serumah,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Dini, upaya lain yang dilakukan diantaranya sudah tersedianya 16 unit laboratorium rujukan Tes Cepat Molekuler (TCM) Se-Kota Tangerang, dan peningkatan layanan pengobatan serta skrining TBC di 34 rumah sakit dan 37 puskesmas Se-Kota Tangerang.

“Jadi mulai hari ini 5 Januari – 19 Januari akan kita lakukan skrining TBC dengan kontak erat serumah di 22 titik tersebar Se-Kota Tangerang,”tutup Dini.(Ayu/Rls)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *