Kodim 0801 Pacitan Lakukan Karya Bakti TNI Sosialisasi Program Padat Karya

banner 468x60

SULUHNEWS.ID, PACITAN – Pemerintah terus berupaya dalam menekan angka pengangguran yang ada di seluruh wilayah Indonesia yaitu dengan melakukan penyediaan lapangan pekerjaan melalui program padat karya.

Dengan didorong pertumbuhan ekonomi saat ini program padat karya diharapkan mampu memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Dengan adanya hal tersebut, Kodim 0801/Pacitan melaksanakan Sosialisasi program padat karya dalam rangka karya bakti TNI semester 2 tahun 2022 bertempat di Desa Wonokerto Kec. Tulakan Kab. Pacitan, Selasa (4/10/2022).

Banyaknya pengangguran di Indonesia disebabkan oleh laju pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi, skill pencari kerja yang belum sesuai kebutuhan pasar kerja, terbatasnya lapangan kerja serta banyaknya perusahaan yang lock out, serta kurangnya informasi pasar kerja.

Menyikapi perkembangan masalah ketenagakerjaan yang cukup kompleks, maka Kodim 0801/Pacitan bersama Pemerintah Kab. Pacitan melalui Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja berusaha untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan dengan membuat beberapa program kerja, diantaranya adalah dengan mengadakan kegiatan perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat.

Kegiatan perluasan kesempatan kerja yang diselenggarakan oleh Dinas perdagangan dan Dinas Tenaga Kerja merupakan bentuk kepedulian Pemerintah dalam upaya menjembatani antara penyedia lapangan kerja (perusahaan) dengan penyedia calon tenaga kerja.

Selain itu sudah menjadi tekad pemerintah Kab. Pacitan untuk mendukung segala upaya dan partisipasi aktif setiap elemen masyarakat dalam rangka mendukung segala program pembangunan khususnya pemberdayaan sumber daya manusia.

Dalam sambutannya di acara tersebut Kapten Inf Nurhadi Pasiter Kodim 0801/Pacitan mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan program pemerintah dalam penanggulangan pengangguran dan perluasan kesempatan kerja padat karya.

“Kami berharap dengan adanya progam padat karya, sehingga membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan angka pengangguran dapat ditangani”, kata Pasiter.

Lebih lanjut Pasiter mengungkapkan bahwa, untuk mampu berperan dalam sektor-sektor tersebut, para tenaga kerja di tuntut untuk memiliki kompetensi dan profesionalitas yang tinggi.

“Dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan sumber daya lokal yang ada, akan dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat, sehingga angka pengangguran dapat ditekan dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai”, tutur Pasiter. (Ayu)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *